Pernahkah Anda tidak dapat mengakses file penting karena kerusakan data? Data sebagai aset digital bisa rusak. Ini biasanya terjadi karena program menulis data yang salah atau ada hal lain yang mengganggu proses penulisan data. Kedua kesalahan ini dapat menyebabkan file menjadi rusak. Jadi, bagaimana Anda menangani kerusakan file?

Pada kenyataannya, file yang rusak jarang terjadi pada laptop atau komputer dengan langkah keamanan yang baik. Alasan di balik file yang rusak ini juga beragam. Seseorang terkena virus atau terjadi kesalahan saat menulis data. Mari kita lihat di bawah penyebab paling umum file rusak dan cara memperbaikinya.

Apa yang Menyebabkan File Corrupt Menjadi Rusak?

Apa yang Menyebabkan File Corrupt Menjadi Rusak?
Apa yang Menyebabkan File Corrupt Menjadi Rusak?

Ada beberapa alasan mengapa file bisa rusak. File Corrupt Ini biasanya terjadi saat hendak ditulis atau dipindahkan ke disk. Sebelum disimpan ke disk, data berada di aplikasi yang membuatnya. 

Nah, kesalahan mungkin muncul karena beberapa masalah dengan aplikasi tersebut. Untuk informasi selengkapnya tentang apa yang menyebabkan kerusakan file, lihat uraian di bawah.

Aplikasi Mengalami Error

Korupsi data biasanya terjadi karena berbagai aplikasi yang Anda gunakan mengalami error. Misalnya, aplikasi penghasil data yang Anda gunakan mengalami kesalahan saat menyimpan data. Kemudian aplikasi kompresi yang digunakan bermasalah dalam membuat file.

Juga, aplikasi backup yang Anda gunakan bermasalah atau bermasalah dalam menyimpan data backup. Bahkan browser biasa Anda dapat mengalami masalah saat menyimpan file yang diunduh di disk. Aplikasi ini adalah penyebab paling umum dari data yang tidak dapat dibaca

Biasanya aplikasi akan memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Aplikasi ini juga memberi Anda kesempatan kedua untuk menyimpan kembali file tersebut. Namun, sebagai pengguna biasa, terkadang Anda tidak memahami kesalahannya, sehingga file disimpan begitu saja.

File Tidak Ditutup dengan Benar

Komputer seharusnya menutup file Anda dengan benar saat komputer mati. Namun, jika komputer Anda kehilangan daya atau memiliki bug sehingga tidak dapat beroperasi, perangkat tidak memiliki kesempatan untuk menutup file dengan benar.

Hal ini dapat merusak file sebenarnya yang sedang Anda buka, termasuk tidak hanya dokumen tetapi juga file sistem operasi. Yang perlu Anda ketahui bahwa file corrupt ini bisa diubah dalam sistem manapun itu.

Hard drive bermasalah

Masalah dengan hard drive Anda dapat menyebabkan file akan menjadi rusak. Saat harddisk rusak hal yang penting yang harus diselamatkan adalah isi datanya. Ini karena datanya mungkin juga rusak. Namun, kesalahan seperti file yang tertaut silang dapat merusak data, tetapi belum tentu merusak hard drive.Virus

Virus 

Virus yang menyerang laptop Anda pasti bisa menjadi penyebab kerusakan data Anda. Bagaimana cara mengatasi file corrupt yang disebabkan oleh malware, tentunya dengan aplikasi antivirus, baik secara default maupun download eksternal.

Bagaimana Cara Merawat File Corrupt?

Data, file rusak benar-benar dapat dipulihkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika aplikasi yang Anda gunakan bermasalah. Kemudian mari kita lihat cara menangani file yang rusak dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

1. Lakukan pemeriksaan disk secara manual
2. Gunakan Perintah Chkdsk
3.Menggunakan alat perbaikan perangkat lunak
4. Mengubah format file
5. Buka dengan program lain

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?