Wifiworldrecord.com – Saya agak tidak yakin tentang apa yang harus dibuat tentang laporan The Wall Street Journal dan The New York Times tentang pesan teks, yang dikirim ke Signal, antara saingan Changpeng “CZ” Zhao dan Sam Bankman-Fried sekitar waktu FTX terbakar. Itu karena saya tidak sepenuhnya yakin siapa yang membocorkannya atau siapa yang diuntungkan. Tapi saya cukup yakin seseorang membocorkan ke kedua outlet tersebut karena laporannya naik dalam hitungan jam satu sama lain. Jadi seseorang ingin semua orang tahu tentang ini!

Karena saya tidak mengerti apa yang sedang terjadi, saya akan menelusuri dua cerita ini, yang sama dalam sapuan kuas yang luas, menunjukkan bahwa sumbernya serupa. (Seperti yang diketahui oleh pembaca lama, mengidentifikasi ulang sumber anonim adalah salah satu permainan favorit saya, meskipun biasanya dimainkan dalam batas-batas tengkorak saya sendiri.) Inilah yang menonjol.

Koordinasi Pertukaran

Koordinasi Pertukaran
Koordinasi Pertukaran

Jadi saya kira saya akan mulai dengan hal yang membuat saya heran: obrolan grup yang dilaporkan Journal disebut “Koordinasi pertukaran”. Apa?

Seperti, oke, kita punya Zhao dan Bankman-Fried, oke. Juga dalam obrolan ini, menurut Journal, adalah Paolo Ardoino dari Tether, Justin Sun dari Tron, dan salah satu pendiri Kraken, Jesse Powell. Itu obrolan grup yang luar biasa.

Maksud saya, jangan salah paham, saya curiga CEO JPMorgan Jamie Dimon memiliki nomor telepon CEO Goldman Sachs David Solomon dan keduanya mungkin juga memiliki nomor telepon CEO Wells Fargo Charles Scharf. Saya yakin salah satu dari mereka dapat menghubungi CEO Citi Jane Fraser kapan pun mereka mau! Tapi saya tidak berpikir mereka semua duduk dalam obrolan grup yang disebut “koordinasi bank besar”, paling tidak karena itulah hal-hal yang membuat pengacara antimonopoli menjadi busa.

Penjelasan paling dermawan untuk “Koordinasi pertukaran,” saya kira, adalah bahwa itu adalah versi semu Kripto dari sesuatu seperti Swift, yang merupakan platform perpesanan. Itu terlihat sangat lucu.

Koin yang Tidak Stabil

Koin yang Tidak Stabil
Koin yang Tidak Stabil

Hal berikutnya yang menonjol bagi saya adalah Tether. Saya memiliki ketertarikan yang sudah lama dengan Tether, paling tidak karena eksekutifnya terus muncul di CNBC untuk mempermalukan diri mereka sendiri. (Ini lucu setiap saat!) Dalam hal ini, ini menonjol karena merupakan stablecoin, dan Bankman-Fried memiliki sejarah dengan stablecoin. Secara khusus, The New York Times sebelumnya melaporkan bahwa FBI sedang menyelidiki perdagangan Terra / Luna perusahaannya untuk melihat apakah itu manipulasi pasar.

Sebagian besar pesanan penjualan Terra, stablecoin algoritmik yang di-depegged, berasal dari perusahaan saudara FTX, Alameda Research — yang juga mempersingkat Luna. Spiral kematian pada token menyebabkan penularan pasar dalam jumlah besar, menjatuhkan — antara lain — Three Arrows Capital, Celcius, dan Babel Finance.

Ada dua hal yang menonjol bagi saya di sini. Yang pertama adalah, lucunya, penularan kemungkinan merupakan bagian dari bagaimana Alameda dan FTX jatuh, karena orang-orang panik. Tapi yang kedua kurang lucu: FTX mendaftarkan Terra / Luna sebagai Alameda diperdagangkan melawan mereka. Itu menyebalkan bagi investor ritel, bung.

Dalam obrolan pada 10 November, Ardoino dari Tether “menyatakan keprihatinan bahwa Alameda mencoba menekan harga Tether dan menyeret Mata Uang Kripto yang lain bersamanya,” Journal melaporkan. Tether adalah token utama yang digunakan secara luas dalam Kripto — jika sesuatu terjadi padanya, banyak industri berada dalam masalah besar.

“Berhenti sekarang, jangan membuat lebih banyak kerusakan,” tulis Zhao dalam obrolan dengan Bankman-Fried, menurut The New York Times. “Semakin banyak kerusakan yang Anda lakukan sekarang, semakin banyak waktu penjara.” Dia juga menunjuk perdagangan $250.000 oleh Alameda dan mengklaim itu dimaksudkan untuk mengacaukan Tether.

Klaim aneh, di wajahnya. Perdagangan $250.000 di Tether seperti, hari Selasa. Tetapi! Tuduhan tentang perdagangan Terra / Luna Alameda tidak menyarankan satu perdagangan besar tetapi banyak perdagangan kecil. The Wall Street Journal mengutip “seseorang yang dekat dengan Alameda” yang mengatakan bahwa perdagangan ditujukan untuk “menutup posisi dan mengembalikan uang kepada pemberi pinjaman.” Saya tidak tahu siapa sumbernya, tetapi tidak di luar kemungkinan itu adalah Bankman-Fried sendiri karena penjelasan itu menguntungkannya dan, seperti yang saya pikir kita semua telah temukan, dia memiliki kasus mematikan ” tidak bisa tutup mulut”-itu.

Selain itu, sebagai catatan, Bankman-Fried mengatakan kepada Times dan Journal bahwa “setahu saya, baik saya maupun Alameda tidak pernah mencoba untuk secara sengaja mendepeg Tether atau stablecoin lainnya.”

Siapa yang Diuntungkan?

Siapa yang Diuntungkan?
Siapa yang Diuntungkan?

Dorongan awal saya adalah bahwa obrolan di sini mungkin telah dibocorkan oleh Bankman-Fried – karena “tidak bisa tutup mulut” yang disebutkan di atas. Saya hanya tidak yakin apa motifnya di sini. Mengalihkan kesalahan dari dirinya sendiri sebagai satu-satunya aktor jahat ke kelompok pemain industri yang lebih besar? Lagi pula, mengungkapkan keberadaan obrolan grup tidak masuk akal bagi sebagian besar peserta.

Memperkuat kecurigaan itu adalah byline pada cerita Times: David Yaffe-Bellany, yang menulis sebuah cerita di bulan November yang mengungkapkan bahwa Bankman-Fried sedang tidur nyenyak setelah runtuhnya kerajaannya.

Di sisi lain, penekanan pada stablecoin tampak aneh bagi saya. Pertukaran Zhao, Binance, mem-boot banyak stablecoin — USDC Circle, dolar Paxos, dan TrueUSD — mendukung miliknya sendiri, BUSD, yang diterbitkan dalam kemitraan dengan Paxos. Sementara itu, Coinbase menyarankan agar siapa pun yang menggunakan Tether harus menggunakan USDC. Kita tahu dari jatuhnya FTX bahwa Zhao akan dengan kejam mengalahkan para pesaing sejak pengungkapan tentang keadaan keuangan FTX yang sebenarnya muncul setelah Zhao mengumumkan bahwa dia akan membanjiri pasar dengan token FTT FTX. Jadi ada kemungkinan bahwa sumber obrolan ini adalah Zhao sendiri, yang ingin membuat Bankman-Fried terlihat lebih buruk.

Faktanya, Zhao secara terbuka menghukum Kevin O’Leary, investor dan bintang Shark Tank, karena membela Bankman-Fried pagi ini. Jika obrolan membuat Bankman-Fried terlihat sangat buruk di antara rekan-rekannya, Zhao terlihat baik jika dibandingkan.

Ada kemungkinan ketiga, di luar. Caroline Ellison adalah CEO Alameda saat semua ini terjadi. Mengingat koordinasi antara Bankman-Fried dan Alameda, saya curiga dia mengetahui obrolan ini — terlepas dari apakah dia ada di dalamnya. Dia kehilangan apa-apa dari membuat orang lain terlihat lebih buruk. Dia juga cocok untuk “seseorang yang dekat dengan Alameda” seperti dikutip dalam The Wall Street Journal.

Mengenai kemungkinan pemain lain dalam obrolan — Ardoino, Sun, atau Powell — membocorkannya, saya ragu. Semua pemain itu akan kalah jika mengungkapkan koordinasi antar pertukaran. Plus, obrolan membuat Tether terlihat sangat rentan. Karena itu memainkan peran kunci dalam Kripto, menendangnya kemungkinan akan memicu kehancuran yang lebih besar dari yang telah kita lihat. Tapi siapa yang tahu! Jika saya telah mempelajari satu hal selama setahun terakhir, Kripto itu penuh dengan ratu drama yang sangat kacau.

Seseorang memainkan permainan berbahaya, dan saya tidak tahu siapa. Yang saya tahu adalah bahwa gajah menari tarantella, dan jika saya adalah tikus di industri Kripto, saya akan melakukan yang terbaik untuk menjauh.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?